Besi Tua Kapal TongkangRTE

Harga Besi Tua Kapal Tongkang

Harga besi tua kapal tongkang – Menjual dan menentukan harga kapal tongkang bekas sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda dapat mengumumkannya di beberapa media cetak atau bahkan media online, dan Anda akan menemukan pembeli dalam jangka waktu tertentu. Namun yang terkadang menjadi masalah adalah bagaimna menentukan harga serta menjual kapal tongkang tua atau orang mengenalnya dengan kapal scrap tongkang. Untuk masalah yang satu ini tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Cara Menentukan harga kapal tua tongkang

Untuk memperkirakan harga kapal tua tongkang sebenarnya ada 2 teknik yaitu menggunakan teknik DTW atau menggunakan teknik table. Anda dapat memilih salah satu yang dinilai paling pas. Adapun teknik menghitungnya adalah :

  1. Teknik menentukan kapal tongkang menggunakan DTW

DWT atau Deadweight Tonnage, adalah ukuran total maksimal berat / max load sebuah kapal ketika ditumpangi atau memuat barang. Ukuran ini termasuk berat awak kapal, air tawar, perbekalan, bahan bakar, dan hal lainnya. Akan tetapi ukuran berat ini tidak termasuk berat kapal. Lain lagi dengan LWT atau singkatan dari LightWeght, ini adalah berat kosong, kapal, tanpa berbagai barang lain. Rata-rata LWT ini maksimal sekitar 30 % dari displacement / D atau berat total kapal, pada saat garis air penuh. LWT ini sendiri biasanya terdiri atas berat baja dan mesin.
Contohnya: Apabila DWT kapal 12.000 ton, dan D = LWT + DWT, itu artinya DWT = D – LWT.

Jika LWT = 30%D, maka DWT = 70 % D
Apabila DWT = 12,000 ton, maka D = 17,142 ton
itu artinya LWT = D – DWT sama dengan 17,142 ton – 12,000 ton = hasilnya 5, 142 ton
Jadi ketika DWT 12,000 ton, maka taksiran berat bersih sekitar 42 % atau sekitar 5,142 ton. Jika ingin lebih aman, sebaiknya taksir sekitar 40 %, atau sekitar LWT 4,800 ton.

  1. Teknik menentukan kapal tongkang menggunakan table

Adapun cara menghitung berat besi menggunakan table adalah:

  • Teknik menghitung besi strip
    Tebal x Lebar x 0,00785 x 6 Meter
  • Teknik menghitung besi plat
    6’ x 20’ / Tebal x 87,5 = Berat

5’ x 20’ / Tebal x 72,9 = Berat

4’ x 8’ / Tebal x 23,33 = Berat

3’ x 6’ / Tebal x 13,13 = Berat

  • Teknik menghitung plat kapal
    Inch x 25,4 x 72,88 / 87,44
  • Teknik Menghitung besi Siku
    Lebar x Tebal x 6 Meter x 1512 = Berat

Yang perlu Anda ketahui, kapal tongkang dengan berat DWT 12,000 ton, biasanya terdiri atas 3 jenis besi tua, dengan nilai jual yang berbeda, yaitu :
a. Bagian tunas, adalah sebagian dek atau disebut bakar, yang terdiri atas lempengan besi, umumnya tebal besi sekitar 12 mm, dan memiliki harga jual paling tinggi.
b. Body tongkang, biasanya terdiri atas lempengan besi atau plat dengan tebal 8 mm.
c. Aneka besi tua, dengan nilai jual rendah
Cara menjual kapal tua tongkang

Setelah mengetahui bagaimana cara menghitung kapal scrap tongkang, berikutnya Anda perlu mempelajari bagaimana cara menjual kapal tongkang tersebut. Untuk menjual kapal tongkang jenis ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu, antara lain :

  1. Anda harus memiliki berbagai macam dokumen kepemilikan yang sah dan juga valid.
  2. Anda juga sebaiknya memiliki data barang yang lengkap dan juga jelas. Mulai dari tonase barang, jenis mesin kapal, tahun barang, dan hal-hal lainnya.
  3. Sebaiknya foto update kapal tongkang yang hendak dijual, untuk kemudian disebarkan ke berbagai media, baik media cetak, maupun media online.
  4. Pastikan Anda memiliki no kontak yang dapat dihubungi.
  5. Apabila Anda memiliki mediator, pastikan Anda memiliki fee yang pantas untuk mediator tersebut.
  6. Siapkan surat perjanjian jual beli kapal tongkang dengan baik

Untuk mempermudah proses jual beli kapal tongkang tua tersebut, sebaiknya Anda bergabung dengan beberapa situs yang menjual kapal tua bekas, atau Anda dapat mengiklankan kapal tua Anda secara langsung menggunakan web, menggunakan blog sendiri, atau bahkan menggunakan social media tertentu.

 

IDENTITAS PERUSAHAAN :